Pengunjung yang budiman adalah yang memberikan Rate / Komen
Tulisan-tulisan

Yakin Anda tidak Paranoid ?


paranoid

paranoid

Pengertian kepribadian berasal dari bahasa inggris yang berarti personality dan itu juga berasal dari bahasa latin (persone) yang berarti topeng atau kedok, dimana itu merupakan yang sering digunakan pada zaman romawi kuno dalam sandiwara-sandiwara panggung. Kemudian lambat laun kata tersebut mengalami pergeseran makna dengan istilah yang mengacu pada gambaran social tertentu yang diterima individu dari kelompok dan masyarakatnya. Sehingga kemudian individu diharapkan dapat berperilaku sesuai dengan dengan peran social yang diterimanya. Contohnya Arief berkepribadian pahlawan.

Pengertian Paranoid adalah kelainan jiwa yang disebabkan oleh ketakutan yang amat sangat. Ketakutan dapat muncul karena seseorang membayangkan kejadian yang sudah terjadi di masa lalu, atau kejadian yang mungkin terjadi di masa depan.

Gangguan Kepribadian Paranoid

Individu yang mengalami gangguan kepribadian paranoid selalu mencurigai orang lain. Orang-orang dengan diagnosis ini merasa dirinya diperlakukan secara salah dan dieksploitasi oleh orang lain sehingga berperilaku misterius dan selalu waspada terhadap adanya tanda-tanda tipu daya atau pelecehan. mereka seringkali kasar dan bereaksi dengan kemarahan terhadap apa yang mereka anggap sebagai penghinaan. Individu semacam itu enggan mempercayai orang lain meskipun ia sendiri juga salah. Mereka sangat pencemburu dan tanpa alasan mempertanyakan kesetiaan pasangan atau kekasih mereka.

Para penderita yang mengalami gangguan kepribadian paranoid dipenuhi keraguan yang tak beralasan terhadap kesetiaan orang lain atau bahwa orang lain tersebut dapat dipercaya. Mereka dapat melihat makna negative atau ancaman pada berbagai kejadian, contohnya individu merasa yakin bahwa anjing milik tetangganya sengaja menggonggong untuk mengganggunya. Gangguan kepribadian paranoid paling banyak dimiliki oleh kaum laki-laki dan paling banyak dialami bersamaan dengan gangguan kepribadian skizoptipal, ambang dan menghindar (Bernstein, 1993;Morey, 1998). Prevalensinya berkisar 2% (Torgersen, Kringlen,& Cramer, 2001).

Coba analisa diri anda, apakah anda menderita paranoid?

Analisa sedini mungkin apakah teman-teman menderita paranoid atau tidak, lebih baik kita menyadari walaupun belum ada tindakan treatment, dari pada kita tidak sadar dan akibat yang ditimbulkan dari paranoid ini ternyata sudah banyak..???????!!!!
1. Faktor utama terjadinya paranoid adalah mengkomsumsi narkoba khususnya untuk pecandu berat Shabu-shabu dan Putaw, kedua jenis obat terlarang ini sangat berbahaya dan mengakibatkan seseorang menjadi paranoid, kehilangan akal, tidak sadar dan melakukan hal-hal nekad yang berujung pada kematian, seperti bunuh diri, membunuh orang lain, dihantui rasa bersalah pada orang lain, terlalu sensitif, ilusinasi yang berlebihan, dll

2. Penyebab kedua terjadinya paranoid adalah faktor lingkungan sekitar, apabila kita tidak merasa nyaman, keadaan yang bisa dikatakan cukup rawan serta orang-orang sekitarpun asing dan tidak bersahabat maka Paranoid bisa terjadi, hidup dalam rasa kebencian, curiga terhadap orang lain, tidak bersahabat, tidak menyukai keberadaan orang lain dan merasa tidak nyaman ini, gelisah & resah yang tidak karuan merupakan tanda tanda orang Paranoid

3. Penyebab ketiga terjadinya Paranoid adalah faktor pengalaman, sperti sebuah kasus, kalian pernah kecopetan atau menjadi korban aksi penodongan didalam bus kota, maka kejadian itu akan membawa kita menjadi orang paranoid, yang berakibat kita akan selalu curiga dan tidak menyukai cara orang lain memandang, menganggap orang asing / lain sebagai musuh yang bisa membahayakan, sikap yang cenderung tidak bersahabat, mudahnya emosi yang berlebihan, dan ketakutan akan kejadian yang dialami ini terjadi lagi, dll

4. Penyebab lainnya untuk kaum muda khususnya ABG adalah cinta dan kekerasan, apabila mereka pernah merasakan sakit yang amat sakit, seperti kehilangan orang dicintai karena pengkhianatan yang sering terjadi ini berdampak buruk untuk pertumbuhan dan pola pikir mereka, sedikitnya dari mereka ada yang terjerumus di obat-obat terlarang, ikut pergaulan bebas untuk melampiaskan sebuah kekesalan yang ada, kekerasan yang sering terjadi juga dapat menyebabkan paranoid, cepat atau lambat mereka akan trouma dan bagaimana caranya menghentikan kekerasan yang terjadi, akhirnya jika pikiran mereka buntu maka hal-hal gila bisa mereka lakukan, bunuh diri, narkoba, gaul bebas, dll

Saya pun sebagai orang yang sedikit paranoid juga merasa prihatin ketika ada orang yang mengalami gangguan kepribadian seperti ini, karena ini sangatlah merugikan bagi si penderitanya, baik dapat merugikan bagi si penderita pribadi, maupun bagi orang-orang disekitarnya.

Wallahu Subhanahu Wataala A’lam.

About ariefhidayat90

asik...asik

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Masukan alamat email Anda, maka Anda akan akan update tulisan terbaru dari blog ini

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

free counters
%d blogger menyukai ini: